Logo Matahari Sakti

PT MATAHARI SAKTI

jumbotron image

Si Anggun Nan Menggemaskan

14 Juli 2023 13:26

    Sahabat MS, Istilah “catwalk” yang berarti panggung dalam dunia modelling digunakan untuk menggambarkan cara berjalan para model yang berjalan anggun bagaikan kucing. Ya, kucing memang selalu diidentikan sebagai "Si Anggun" hewan yang manis, cantik, anggun, bersih dan kalem. Sifat dan pembawaan inilah yang menjadi daya tarik kucing untuk menjadi anggota keluarga kesayangan di seluruh dunia. Namun tahukah Anda, "Si Anggun" ini berada dalam penggolongan family felidae atau spesies hewan yang sama dengan macan, dan merupakan obligate carnivore (pemakan daging sejati) dimana hewan ini membutuhkan asupan nutrisi khusus untuk menjamin kesehatan dan penampilannya agar tetap terjaga.

 

    Dalam kesehariannya kucing membutuhkan beberapa asupan nutrisi yang rutin, berupa asam amino dari protein, asam lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air. Selain nutrisi paling mendasar, kucing juga sangat memerlukan nutrisi tambahan, yang keberadaannya ada dalam menu sehari-hari. Seperti salah satu contohnya adalah asam amino Taurine yang jika kekurangan akan berakibat kebutaan, gangguan pertumbuhan dan gangguan reproduksi. Nutrisi lain yang tak kalah pentingnya adalah asam lemak Omega 3 dan 6 yang sangat dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatan kulit dan keindahan bulunya.

 

    Memelihara kucing jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan memelihara anjing. Kucing cukup mandiri untuk membersihkan dan merawat bulunya sendiri. Kucing juga tidak membutuhkan interaksi sosial yang rutin seperti anjing. Berikut tips merawat kucing agar "Si Anggun" selalu terlihat sehat dan cantik :

  • Mandikan kucing maksimal 2 minggu sekali, tapi ingat sahabat MS jangan terlalu sering melakukan ini, karena dikhawatirkan dapat merusak lapisan minyak yang menjaga kesehatan kulit dan bulunya. - Sisir bulu kucing dengan sisir khusus setiap hari, jika ditemukan bulu yang kusut dan menggumpal, segera tandai dan potong bulu pada area tersebut agar tidak dihuni parasit maupun bakteri.
  • Kucing mempunyai kebiasaan makan 10-12 kali perhari dalam porsi kecil, sehingga pastikan makanan dan air bersih selalu tersedia. - Berikan pakan kucing 2 kali sehari pagi dan sore untuk menjamin dan menjaga kesegaran aroma dan kualitas nutrisi dari pakan. - Pemberian pakan tipe kering (dry food), selain lebih praktis dan awet disimpan juga dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya plak di gigi kucing, namun jangan lupa sahabat MS pastikan air minum bersih selalu tersedia.
  • Supaya area kandang kucing tidak berbau, bersihkan kandang dan pasir setiap hari, bau kotoran kucing dapat berkurang dengan melakukan pemberian supplemen pakan khusus seperti Yucca schidigera extract. - Bawa kucing anda secara rutin ke dokter hewan, minimal 6 bulan sekali untuk pengecekan kesehatan rutin untuk pemberian obat cacing, obat anti kutu dan vaksinasi. Agar daya tahan tubuh peliharaan "Si Anggun" kesayangan anda tetap terjaga, pastikan kebutuhan vitamin terutama vitamin C sebagai immunity booster terdapat dalam komposisi pakan yang anda berikan. 

 

Jadi cukup mudah dan sederhana bukan, pastikan tips-tips yang ada di atas rutin untuk diperhatikan dan dilakukan oleh semua sahabat MS yang mempunyai peliharaan "Si Anggun" ini untuk dapat lebih anggun dan semakin menggemaskan.

 

Share

    PT. MATAHARI SAKTI © 2023