Feed & Pet Food Manufacturer

DRY FOOD VS RAW FOOD
shadow effect

18 July 2018

DRY FOOD VS RAW FOOD


Kebanyakan pemilik hewan peliharaan pasti pernah mengalami kebingungan pada saat mempertimbangkan makanan apa yang terbaik untuk anak kaki empatnya. Sebagian orang lebih suka memberikan makanan mentah (raw food), namun ada juga yang lebih memilih memberikan pakan buatan pabrik (dry food) kepada anjing atau kucing.

Di alam bebas, hewan yang termasuk dalam family Felidae (keluarga kucing seperti macan, singa, panther) dan family Canidae (keluarga anjing seperti serigala, coyote) adalah hewan karnivora yang mendapatkan makanan dengan cara berburu dan memangsa hewan lain untuk dimakan. Namun anjing dan kucing yang sekarang dipelihara adalah termasuk spesies kucing dan anjing domestik yang merupakan bagian dari kelompok family Felidae dan Canidae yang sudah mengalami domestikasi selama ribuan tahun. Penemuan sejarah membuktikan bahwa hubungan antara hewan dan manusia sudah ada sejak kurang lebih 14.700 tahun yang lalu dimana arkeolog menemukan sisa jasad manusia yang dikubur bersama anjing. Spesies anjing dan kucing domestik ini pun memiliki perbedaan makanan dan kebutuhan nutrisi dibandingkan family felidae dan canidae yang lain. Seiring dengan berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi, para ilmuan telah melakukan penelitian untuk mengembangkan makanan yang dikhususkan untuk anjing dan kucing seperti dry food dengan memperhitungkan secara rinci kebutuhan nutrisi dasar dan juga faktor kemudahan bagi pemilik hewan.

Sebagian orang masih sering memberikan daging mentah kepada anjing atau kucing karena menurut mereka anjing dan kucing sudah seharusnya makan daging mentah seperti jika mereka bereada di alam bebas. Sebenarnya mana kah yang lebih baik diberikan pada anjing dan kucing? Berikut akan kami ulas mengenai perbandingan dry food dan raw food untuk anjing dan kucing.

 

Kandungan Nutrisi
Kebutuhan Nutrisi minimal yang harus dipenuhi dalam makanan hewan peliharaan telah di atur oleh berbagai asosiasi makanan hewan peliharaan internasional antara lain yaitu NRC (National Research Council); FEDIAF (Fédération Européenne de l'Industrie des Aliments pour Aminaux Familiers); dan AAFCO (Association of American Feed Control Officials). Standard minimal harus dipenuhi untuk menghindari kelainan ataupun penyakit yang disebabkan karena defisiensi nutrisi. 

Dry frood merupakan makanan yang diformulasi secara khusus dengan memperhitungkan standard kebutuhan nutrisi anjing dan kucing. Semua bahan baku yang telah dianalisa kandungan nutrisinya akan dimasukkan ke dalam matrix perhitungan untuk mendapatkan formulasi makanan yang memiliki nilai gizi lebih dari kebutuhan minimal. Perhitungan dilakukan dengan sangat rinci hingga ke nutrisi mikro seperti vitamin, mineral dan asam amino.

Raw food memang memiliki kandungan protein yang tinggi, namun  belum tentu memenuhi kebutuhan minimal nutrisi mikro seperti mineral, vitamin dan asam amino. Sedangkan untuk proses pembuatan dry food, memungkinkan untuk dilakukan penyesuaian sehingga dapat diproduksi dry food dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Selain itu umur hewan juga mempengaruhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu dry food untuk anjing dan kucing pun juga disesuaikan dengan life stage dari hewan tersebut. Formulasi makanan anakan (puppy/ kitten) tidak sama dengan makanan dewasa (adult) karena kebutuhan nutrisi yang berbeda.

 

Bakteri
Banyak sekali bakteri yang terdapat dalam makanan mentah. Tanpa proses pemasakan, maka bakteri dapat menyebabkan gangguan terutama pada saluran pencernaan hewan peliharaan. Proses pembuatan dry food meliputi pemasakan dengan suhu yang tinggi hingga mencapai 120-1600C untuk beberapa waktu sehingga dapat membunuh bakteri-bakteri jahat. 
Penelitian yang dilakukan oleh Rokey dan Baldwin menunjukkan pada suhu dibawah 800C bakteri enterococcus dan salmonella dapat hidup, namun dengan pemanasan pada proses ekstrusi dengan suhu di atas 800C bakteri tersebut tidak lagi dapat ditemukan dalam makanan. Oleh karena itu pemberian dry food relatif lebih aman bagi anjing dan kucing dibandingkan dengan makanan mentah. 

 

Harga
Harga daging sapi per kg kurang lebih Rp 120.000,00 sedangkan harga daging ayam kurang lebih Rp 45.000,00. Jika dibandingkan dengan dry food, harga dry food relatif lebih terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp. 20.000,00 per kg, sudah bisa didapatkan dry food dengan formulasi yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi minimal anjing dan kucing. 

 

Penyimpanan
Makanan kering biasanya cukup disimpan ditempat dengan tutup yang rapat dan kering. Jika makanan disimpan di tempat yang lembab maka dapat mengakibatkan peningkatan kadar air  yang dapat mengurangai nafsu makan pada kucing. Selain itu dengan kadar air yang tinggi juga dapat memicu pertumbuhan jamur. Namun selama penyimpanan dilakukan di tempat yang kering dan tertutup rapat, dry food dapat disimpan hingga 1 tahun dari tanggal produksi atau lebih tergantung mereknya. Selain itu, banyak dijual tempat penyimpanan makanan kering dengan desain yang memudahkan pemilik. Makanan mentah tidak dapat bertahan lebih dari 24 jam sehingga memerlukan media penyimpanan khusus yaitu kulkas. Tergantung pengaturan suhunya, daging dapat bertahan selama 3-5 hari jika disimpan di dalam kulkas dengan suhu 2-40C. Namun penyimpanan di freezer dengan suhu -180C dapat mempertahankan kesegeraran daging mentah hingga 6 bulan tergantung jenis dan tipe freezer. Pada kulkas 1 pintu, suhu freezer kurang stabil dibandingkan kulkas 2 pintu sehingga daging tidak dapat disimpan terlalu lama. 

 

Persiapan
Pemberian makanan kering sangat praktis dimana pada jam pemberian makan, dry food dapat langsung disajikan sesuai takaran. Untuk pemberian makanan mentah diperlukan persiapan yang lebih lama karena membutuhkan waktu untuk mencuci dan memotong daging. Apabila daging disimpan dalam keadaan beku maka memerlukan waktu lebih lama lagi untuk mencairkan daging beku sebelum bisa disajikan.


Makanan hewan peliharaan dalam bentuk kering (dry food) merupakan hasil dari perkembangan teknologi pengolahan makanan dengan berbagai keunggulan untuk mempermudah pemilik dalam penyajian dan penyampanan dengan tetap memperhitungkan kandungan nutrisi yang ideal. Jadi kira-kira jenis makanan manakah yang akan anda berikan kepada hewan peliharaan anda? 

PT. MATAHARI SAKTI

Margomulyo Industri I Blok A9-13
Surabaya, 60183 East Java - Indonesia
Phone : +62 31 749 1199 (Hunting)
Fax : +62 31 749 0545

Certificate Logo

PT. MATAHARI SAKTI © 2015 - All Rights Reserved. Website by Creazi